KORELASI ANTARA PELAYANAN KEPERAWATAN DAN KEPUASAN PADA PASIEN BPJS RAWAT INAP KELAS III
Keywords:
pelayanan keperawatan, pasien BPJS kelas III, kepuasanAbstract
Salah satu hal penting yang harus diperhatikan saat memberikan layanan di rumah sakit adalah kepuasan pasien, karena kepuasan pasien dapat dipengaruhi oleh layanan keperawatan yang diberikan. Pasien dapat menjadi tidak puas jika kualitas pelayanan keperawatan di Rumah Sakit rendah. Banyak pasien yang merasa tidak puas karena perawat kurang tanggap dan kurang ramah ketika bertemu pasien, serta sering mengabaikan keluhan pasien. Pasien lebih puas dengan layanan keperawatan rumah sakit yang lebih baik. Tujuan riset ini adalah untuk mengidentifikasi korelasi antara mutu pelayanan keperawatan dan kepuasan pasien rawat inap kelas III di RS X. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan cross-sectional-approach. Metode purposive sampling menghasilkan jumlah sampel 99 dari responden. Dengan menggunakan uji chi-square, Temuan Penelitian yaitu ada korelasi antara mutu pelayanan keperawatan dan kepuasan pasien. Cara peningkatan mutu pelayanan keperawatan di rumah sakit, diharapkan pihak rumah sakit mengadakan pelatihan rutin, terutama untuk perawat.
References
Asamrew, N., Endris, A. A., & Tadesse, M. (2020). Level of Patient Satisfaction with Inpatient Services and Its Determinants: A Study of a Specialized Hospital in Ethiopia. Journal of Environmental and Public Health, 2020. https://doi.org/10.1155/2020/2473469
Christoph Pryss, R., Maximilian, J., Reese, J.-P., Winter, M., Kalaja, R., & Krasniqi, M. (2022). OPEN ACCESS EDITED BY Patient satisfaction with quality of care in public hospitals in Albania. 1.
Hidayat, E. H., & Asnawati, R. (2022). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Di Masa Pandemi Covid_19 Di Ruang Rawat Inap Interna RSUD dr .Hasri Ainun Habibie Provinsi Gorontalo (The Relationship Between The Quality Of Nursingservices And Patient Satisfaction During The COVID-19 Pandemic In The Internal Inpatient Room At Dr. Hasri Ainun Habibie Hospital Gorontalo Province). Jurnal Zaitun Jurusan, 10(1), 1120–1129. https://journal.umgo.ac.id/index.php/Zaitun/article/view/1673/991
Kaltsum, S., & Hamdan. (2023). Analisis Kinerja Perawat di Ruang Rawat Inap terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Angkatan Udara Lanud Sulaiman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 1670–1678.
Leba, I. R., Syarifah, N. Y., & Asda, P. (2022). Mutu pelayanan keperawatan berhubungan dengan kepuasan pasien pada masa pandemi covid-19 di RSUD Prambanan Yogyakarta. Mikki: Majalah Ilmu Keperawatan Dan Kesehatan Indonesia, 11(2), 117–124. https://doi.org/10.47317/mikki.v11i2.490
Mechi Silvia Dora, R. (2021). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Ruangmina Rumah Sakit Aisyiyah Pariaman Tahun 2021. Nan Tongga Health and Nursing, 16(1), 56–64.
Mubin, M. F., & Jalal, A. (2016). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Rawat Inap RSUD Tugurejo Semarang. Journal Of Holistic Nursing Science, 1(2), 1–7. https://journal.unimma.ac.id/index.php/nursing/article/view/429
R.A. Fadila, & Endang Sulastri. (2023). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Terhadap Kepuasan Pasien Lansia Poli Penyakit Dalam. Jurnal Kesehatan Dan Pembangunan, 13(26), 110–118. https://doi.org/10.52047/jkp.v13i26.246
Sari, I.K., Mahmud, R., & Putra, H. (2022). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Kepuasan Pasien di RUang Rawat Inap RSUD dr. Rasiding Padang. Jurnal Kesehatan Medika Saintika, 13(2), 1–9.
Septi Andrianti, F. M. (2022). Saran pihak membuat program pelatihan untuk meningkatkan pengarhuan dan perilaku caring perawat sehingga tingkat kepuasan meningkat. Kata kunci : Caring, Kepuasan. Nursing Journal, 2.
Sintari, S. N. N., Subhaktiyasa, P. G., & Andriana, K. R. F. (2022). Mutu Pelayanan Keperawatan Berhubungan dengan Kepuasan Pasien. Public Inspiration: Jurnal Administrasi Publik, 7(2), 81–88. https://doi.org/10.22225/pi.7.2.2022.81-88
Suare Marcillo, L. A. (2019). Hubungan komunikasi perawat dengan kepuasan pasien di rumah sakit umum bhakti darma husada surabaya. עלון הנוטע, 66, 37–39.
Viviane, G. de N. J., Palmeira, G., Riet-Correa, F., Moojen, V., Roehe, P. M., Weiblen, R., Batista, J. S., Bezerra, F. S. B., Lira, R. A., Carvalho, J. R. G., Neto, A. M. R., Petri, A. A., Teixeira, M. M. G., Molossi, F. A., de Cecco, B. S., Henker, L. C., Vargas, T. P., Lorenzett, M. P., Bianchi, M. V., … Alfieri, A. A. (2021). Jurnal anak. Pesquisa Veterinaria Brasileira, 26(2), 173–180.
Wowor, A. Y., & Siswati, S. (2022). Tinjauan Lama Waktu Tunggu Pelayanan Pasien Bpjs Rawat Jalan Klinik Saraf. Jurnal Kesehatan Tambusai, 3(1), 120–126. https://doi.org/10.31004/jkt.v3i1.3823
Zaleha, S., Handayani, T. S., & Rustandi, H. (2022). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Mukomuko Tahun 2022. Journal Hygea Public Health, 1(1), 35–46. https://jurnal.unived.ac.id/index.php/ssj/article/view/3619/2948
Zulkhulaifah, A., Pasinringi, S. A., & Sari, N. (2022). Persepsi Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Keperawatan Di Rawat Inap Tahun 2022. Hasanuddin Journal of Public Health, 3(3), 246–256. https://doi.org/10.30597/hjph.v3i3.23370