SOSIALISASI PENGGUNAAN MESIN APM DALAM OPTIMALISASI PELAYANAN PENDAFTARAN RAWAT JALAN
Keywords:
Antrian, Anjungan Pendaftaran Mandiri, SosialisasiAbstract
Kualitas pelayanan dapat dievaluasi pada setiap bagian, dan salah satu bagian yang penting adalah loket pendaftaran. Jika pelayanan di loket pendaftaran tidak mampu mengatasi jumlah kedatangan konsumen, maka antrian akan terbentuk. RSUD Prof. dr. Soekandar menghadapi tantangan dengan adanya lonjakan kunjungan pasien yang menyebabkan antrian panjang di loket pendaftaran. Untuk mengatasi masalah ini, rumah sakit tersebut telah menerapkan sistem pendaftaran online dan Anjungan Pendaftaran Mandiri sejak Februari 2023. Observasi menunjukkan bahwa sistem Anjungan Pendaftaran Mandiri memerlukan dukungan internet yang stabil dan petugas yang siap membantu pasien setiap hari. Meskipun terdapat tiga mesin APM yang tersedia, loket pendaftaran tetap dipadati antrian, terutama oleh pasien lanjut usia yang memerlukan pendampingan. Pengabdian masyarakat inj bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai tata cara pendaftaran pasien rawat jalan dengan mengguanakan mesin Anjungan Pendaftaran Mandiri. Metode pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah sosialisasi secara langsung kepada pasien. Kegiatan sosialisasi ini yang sudah dilakukan mempengaruhi tingkat pemahaman pasien dalam penggunaan mesin APM. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan pasien maupun keluarga pasien terkait pendaftaran dengan mengguanakn mesin Anjungan Pndaftaran Mandiri secara mandiri dan berkelanjutan.
References
Asiva Noor Rachmayani. (2021). Penerapan Sistem Pelayanan Aplikasi Pendaftaran Online di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Sardjito Yogyakarta. 6.
Asworowati, R. D., Mustomi, D., Adawia, P. R., Suhendra, A. D., Natong, A., & Cahya Ningrum, M. (2023). Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Pada Rumah Sakit Ibu dan Anak Gizar Berbasis Mobile. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 5(4), 542–549. https://doi.org/10.47233/jteksis.v5i4.1059
Ellitan. (2022). UU Pepublik Indonesia No.44. Экономика Региона, 19(19), 19.
Elliyanti, P., & Septri Badoriasari, P. (2022). Tinjauan Sistem Pelayanan Pendaftaran Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Ernaldi Bahar Provinsi Sumatera Selatan. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 2(3), 394–399. https://doi.org/10.36418/cerdika.v2i3.358
Naibaho, D., Manurung, T. P. R. I., Haloho, H. E. P., Manik, M. K., & Siahaan, R. E. (2024). Studi Kasus: Psikologi Perkembangan, Meneliti Perkembangan Masyarakat Sidikalang Dari Fase Anak-anak – Lansia. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 224–233.
Nurazizzah, N. A., Yulida, R., Seha, H. N., & Indonesia, P. P. (2024). Jurnal Kesmas Prima Indonesia PENGGUNA ANJUNGAN PENDAFTARAN MANDIRI DI RS NUR. 8(2), 1–6.
Prisusanti, R. D. (2024). ANALISIS KUANTITATIF : WAKTU TUNGGU DAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN RAWAT JALAN RS HASTA HUSADA KEPANJEN Quantitative Analysis : Waiting Time and Patient Satisfaction with Outpatient Services at Hasta Husada Kepanjen Hospital PENDAHULUAN Masalah an. 2(3), 532–544.
Septian, E. (2021). Penerapan Sistem Pelayanan Aplikasi Pendaftaran Online di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Sardjito Yogyakarta. Matra Pembaruan, 5(1), 53–64. https://doi.org/10.21787/mp.5.1.2021.53-64
Situmorang, M., Rahmawati, R., & Farhansyah, F. (2023). Gambaran Umum Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan Di Rs Santa Elisabeth Batam Kota. J-REMI : Jurnal Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan, 4(2), 45–51. https://doi.org/10.25047/j-remi.v4i2.3709